close

Thursday, March 04, 2021

author photo
Manfaat Belajar Menggunting Bagi
Manfaat Belajar Menggunting Bagi Anak

PojokReview.com - Gunting sebagai salah satu benda tajam tentunya selalu dijauhkan dari jangkauan si kecil. Tapi sayangnya, menggunting sesuatu justru sangat baik bagi si kecil.


Ada banyak manfaat dari belajar menggunting sesuatu yang bisa didapatkan anak untuk mendukung tumbuh kembangnya. Apalagi, bila orang tuanya memiliki profesi sebagai penjahit atau pekerjaan lain yang mengharuskan terus berinteraksi dengan gunting. Tentunya si kecil akan tertarik dengan gunting, bukan?


Tentunya, agar lebih aman, Anda bisa membelikan gunting khusus untuk anak yang aman. PojokReview tentu juga akan memberikan rekomendasi produk gunting anak terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.


Namun sebelumnya, simak dulu apa saja manfaat belajar menggunting bagi si kecil?


Manfaat Belajar Menggunting Bagi Anak


Melatih Otot-otot Jari


Bila berlari dan bermain akan melatih otot tubuh, tangan dan kaki, lalu bagaimana dengan otot-otot jari jemari? Padahal, nantinya otot-otot jemari ini akan sangat berguna bagi anak. Nantinya, ada banyak pekerjaan, tugas sekolah dan sebagainya yang akan memanfaatkan laptop atau PC sebagai alat kerjanya. Tentunya, anak bisa melatih kecepatan mengetik di atas keyboard apabila otot-otot jarinya terlatih dengan baik sejak kecil.


Nah, menggunting memberikan latihan yang baik untuk otot-otot jari anak Anda. Motorik halus di jemari akan terlatih apabila anak sudah dibiasakan "olahraga" jari dengan cara belajar menggunting.


Koordinasi Mata dengan Jari


Satu hal yang jarang dilatih pada anak adalah koordinasi mata dengan jari. Tentunya, koordinasi mata dengan tangan atau dengan kaki bisa ditemukan dalam aktivitas sehari-hari. Tapi koordinasi mata dengan jari yang tentunya memerlukan fokus yang lebih kecil dan melibatkan motorik halus, bisa dilatih dengan belajar menggunting.


Bayangkan saja, ketika menggunting maka anak Anda akan menggunakan tangan dan jari untuk memegang gunting, sedangkan tangan lainnya memegang kertas. Sambil melakukan hal itu, matanya akan melihat dengan lebih detail serta pikiran dan konsentrasinya juga lebih fokus. 


Latihan seperti itu bagi anak akan sangat baik dalam perkembangan dan pertumbuhan otaknya hingga lebih optimal.


Melatih Kesabaran serta Konsentrasi


Bila sebelumnya sempat disinggung tentang melatih konsentrasi, maka ada hal lain yang juga akan dilatih bersama dengan konsentrasi ketika anak menggunting sesuatu. Yah, kesabaran. Karena menggunting tak akan bisa berjalan dengan baik tanpa kesabaran.


Apalagi bila di media yang digunting, anggap saja kertas, ada garis-garis yang harus diikuti. Maka anak Anda akan lebih berhati-hati, bersabar dan berkonsentrasi penuh untuk menggunting sesuai bentuk yang diinginkannya. 


Untuk hasil terbaik, berikan pujian dan apresiasi untuk hasil guntingannya yang rapi. Hal itu akan menjadikan anak lebih serius ketika melakukan hal yang sama di hari berikutnya.


Melatih Kreativitas Anak


Anak akan semakin tertantang untuk membuat kertas menjadi bentuk-bentuk yang lain sesuai imajinasinya. Ia bisa saja membentuk orang-orangan, atau gunung, bahkan kucing. Hal itu akan menjadikan anak akan terus berinovasi dan melatih kreativitasnya hingga optimal.


Rekomendasi Gunting Anak yang Aman dan Terjangkau


Namun menggunting bagi anak tidak bisa menggunakan gunting dewasa. Hal itu terlalu berisiko dan menjadikan tangan anak menjadi terluka. Oleh karena itu, menggunakan gunting anak akan jauh lebih aman dan bebas khawatir.


Berikut ini PojokReview akan memberikan rekomendasi gunting anak yang aman dan terjangkau untuk menjadi pilihan jitu bagi Anda. Apa saja?


Faber Castell Kids Ergonomic Scissors



Anda tentu mengenal brand Faber Castell bukan? Yah, salah satu produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah gunting anak Faber Castell Kids Ergonomic Scissors. Produk ini sangat baik untuk memotong kertas, tapi tidak ada pisau berbahan logamnya.


Terlebih lagi, ada bantuan pegas yang disebut spring action mechanism yang mendukung proses pemotongan yang dilakukan anak. Gunting satu ini juga hadir dalam warna yang menarik dan tentunya disukai anak.


Karena tidak ada logamnya, maka jangan takut anak Anda akan terluka menggunakan gunting satu ini, yah. Tapi, meski tidak ada logam atau pisau pemotongnya, pemotongan kertas bisa dilakukan dengan sangat mudah. Produk ini juga murah, paling mahal hanya Rp15 ribu saja. 


Beli Faber Castell Kids Ergonomic Scissors di Bukalapak



Gunting Anak Novus SK04


Novus Gunting Anak SK-04
Novus Gunting Anak SK-04


Berikutnya ada Novus Gunting Anak SK-04. Gunting satu ini memang memiliki bilah tajam untuk memotong, namun ada bahan plastik yang melindunginya. Sedangkan bagian pegangannya ada karet yang bisa membuat anak semakin nyaman menggunakannya. Harganya pun terjangkau hanya sekitar Rp15 ribu saja.


Beli Novus Gunting Anak SK-04 di Bukalapak


Gunting Anak Kangaro KR53




Gunting anak berikutnya yang direkomendasikan adalah Gunting Anak Kangaro KR53. Gunting satu ini berukuran kecil (14 cm) dan didesain unik bentuknya. Selain itu, ada beberapa jenis gunting selain gunting lurus yang bisa digunakan untuk pemotongan yang berbeda seperti gunting gelombang, gunting zig-zag dan gunting bentuk gunung.


Bagian ujungnya tidak tajam, serta bagian bilahnya terlindungi denga baik. Jadinya, tidak takut anak terluka menggunakan gunting satu ini. Terpenting, harganya juga murah. Gunting ini dijual dengan harga mulai dari Rp8 ribuan. Sampai yang termahal hanya Rp33 ribuan.


Beli Gunting Anak Kangaro KR53 di Bukalapak



This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post