close

Tuesday, September 14, 2021

author photo
meletakkan sendok kayu di atas panci berisi air mendidih
Meletakkan sendok kayu di atas panci berisi air mendidih

PojokReview - Seringkali ketika melihat acara memasak yang diperagakan oleh chef atau koki kenamaan, kadang terlihat mereka meletakkan spatula atau sendok besar berbahan kayu di atas panci berisi air mendidih. Dalam kasus ini, biasanya panci tersebut terbuka bagian atasnya dan digunakan untuk merebus sesuatu. Anggap saja, untuk rumahan, merebus mie instan.


Ternyata, nyaris semua chef melakukan hal yang sama. Yah, mereka meletakkan sendok kayu atau spatula kayu tersebut melintang di atas panci berisi air mendidih tersebut. Apa gunanya?


Hal tersebut terkesan sangat sederhana, namun sangat berguna. Seperti yang kita ketahui, ketika kita merebus sesuatu seperti kentang, mie instan, pasta, dan sebagainya, maka akan muncul busa. Busa tersebut berlebih, sehingga terkadang meluap dan luber ke mana-mana.


Namun, untuk merebus kentang dengan kemasakan sempurna, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan api yang stabil. Kemunculan busa tersebut mau tidak mau sering diatasi dengan mengecilkan api, yang berarti menambah waktu memasak kentang itu. 


Bagi para chef, mereka justru meletakkan sendok kayu atau spatula kayu tersebut di atas panci yang mendidih airnya dan mulai tampak meluap busanya. Mereka melakukan itu untuk mencegah meluapnya busa ke luar panci, alih-alih mengecilkan api. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Apakah itu kepercayaan sejak nenek moyang atau bisa dijelaskan secara rasional?


Kayu adalah konduktor yang buruk


Ternyata hal tersebut bisa dijelaskan dengan sains. Penyebab utamanya adalah, kayu merupakan konduktor yang buruk. Hal itu membantah bahwa meletakkan spatula kayu di atas panci menggelegak air dan busanya didasarkan pada kepercayaan atau hal mistis lainnya.


Fakatanya ialah ketika busa bersentuhan dengan bahan kayu tersebut, maka kayu yang anti air akan membuat busanya menjadi tidak stabil. Karena itulah, busanya menjadi lebih turun.


Busa tersebut berbahan uap air. Dan uap air yang bertemu dengan kayu bersuhu di bawah 100 derajat Celcius akan kembali mencair dan turun ke bawah. Dengan kata lain, busa atau buih yang bertemu dengan spatula kayu itu akan mencair dan terpecah.


Jadinya, busa tidak meluap ke mana-mana. Namun, hal tersebut tidak berhasil diberlakukan bila yang digunakan adalah spatula berbahan besi, alumunium, dan logam lainnya. Sebab, bahan logam adalah konduktor yang baik, berbanding terbalik dengan kayu.


Nah, tentunya bagi Anda di rumah jadi penasaran bukan untuk melakukan teknik yang satu ini. Yah, terkesan sederhana, namun meletakkan spatula berbahan kayu di atas panci berisi air mendidih dan busa yang meluap justru sangat berguna. Silahkan mencoba sendiri untuk membuktikannya. 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post