close

Friday, June 03, 2022

author photo
Konspirasi jahat Grahamm Bell


PojokReview - Smartphone yang berada digenggaman kita saat ini, adalah perkembangan dari ponsel (telepon seluler) yang hadir di akhir 1990-an silam. Sedangkan ponsel, adalah bentuk perkembangan teknologi dari telepon yang sudah ditemukan sejak tahun 1840-an.


Maka, kita diminta untuk berterima kasih pada sosok bernama Alexandre Grahamm Bell. Ia pendiri perusahaan telepon bernama Perusahaan Bell. Ia seorang ilmuwan jenius yang tidak hanya menemukan telepon, tapi juga ikut mendukung pengembangan teknologi dunia di bidang penerbangan dan hidrofoll.


Tapi, kita dan dunia mengenalnya sebagai penemu telepon. Ia menemukan telepon pada tahun 1876 di Amerika Serikat. Sebentar, bukankah di paragraf awal artikel ini disebutkan bahwa telepon pertama kali ditemukan tahun 1840-an? Di saat itu, Alexandre Grahamm Bell bahkan baru dalam kandungan? Iya, Alexandre Grahamm Bell lahir pada tanggal 3 Maret 1847, dan kongres di Amerika Serikat pada tahun 2002 menyebutkan bahwa telepon ditemukan di tahun 1841, alias 6 tahun sebelum Bell dilahirkan. 


Kongres di Amerika Serikat pada tahun 2002 menyebutkan bahwa telepon ditemukan di tahun 1841, alias 6 tahun sebelum Bell dilahirkan


Bagaimana bisa? Berikut sebuah cerita fakta yang mengejutkan tentang Grahamm Bell. Sebuah konspirasi yang mengerikan dan menjadikan seorang jenius bernama Antonio Meucci sebagai korbannya. Bagaimana ceritanya? Simak kisah lengkapnya.


Konspirasi Jahat Grahamm Bell dengan Western Union


Dunia sudah mengenal Grahamm Bell sebagai penemu telepon selama lebih dari satu abad. Itu bukan sebuah metafora atau hiperbola, mengingat telepon dianggap ditemukan pada tahun 1876 oleh Bell, dan baru diklarifikasi tahun 2002. Berarti ada sekitar 126 tahun dunia hanya mengetahui telepon ditemukan oleh Grahamm Bell di Amerika.


Faktanya, telepon memang ditemukan pada tahun 1841, yakni 6 tahun sebelum Bell dilahirkan di dunia ini. Penemu telepon yang sebenarnya adalah Antonio Meucci, seorang ilmuwan Italia.


Antonio Meucci
Antonio Meucci

Antonio Meucci, Penemu Telepon yang Bernasib Sial


Antonio Meucci bisa dikatakan seorang yang sial. Ia sebenarnya menemukan telepon tersebut tahun 1841, dan tidak punya cukup uang untuk mematenkan karyanya tersebut. Saat itu, paten resmi masih dikenakan biaya yang cukup besar. Antonio Meucci sebagai seorang imigran Italia di Amerika Serikat ternyata tidak punya yang yang cukup untuk membayarnya.


Setelah mengumpulkan uang, tahun 1871 Antonio Meucci mencoba mematenkan penemuannya tersebut. Tahun 1871 itu berarti 6 tahun sebelum Bell mematenkan telepon temuannya. Yah, Antonio Meuci sebenarnya masih selangkah di depan Bell. Tapi, lagi-lagi masalahnya adalah uang.


Saat itu, ada paten sementara yang biayanya cukup rendah dibandingkan paten permanen. Paten sementara ini berlaku satu tahun, dan untuk perpanjangan, harus kembali dibayar lagi biaya patennya. 


Antonio Meucci seorang yang sakit-sakitan, dan hidup dengan kerja serabutan. Ia benar-benar tak punya banyak uang untuk paten tersebut. Tapi, ia merasa dunia harus mengetahui buatannya. Kemudian, Meucci mempresentasikan temuannya yang diberinama "Telegraf Berbicara" ke Western Union.


Namun, presentasinya tak kunjung berbalas. Ia kemudian ingin menemui pimpinan Western Union namun selalu ditolak karena sang pimpinan bernama Edward B Grant mengaku selalu sibuk pada Meucci. Tahun 1972, paten Meucci tak diperpanjang, dan ia kembali ke Western Union untuk meminta semua materi yang pernah ia berikan dalam presentasi. Kesialan Meucci seakan masih belum selesai, Western Union mengaku bahwa semua materi tersebut hilang, begitu juga dokumennya.


Dan tahun 1976, Meucci dikejutkan dengan temuan Grahamm Bell yang sama dengan idenya di tahun 1941. Lebih hebatnya lagi, Alexandre Grahamm Bell bekerja sama dengan Western Union memperkenalkan telepon tersebut pada publik dan dunia. 


Meucci sebenarnya sangat sakit hati dan tidak terima, bahkan mengumpulkan sedikit uangnya  untuk menyewa pengacara dan membawa kasus tersebut ke pengadilan. Yah, sudah tertebak bagaimana hasilnya, bukan? Perusahaan Telepon Bell bersama Western Union, melawan seorang yang sakit-sakitan dan hanya punya sedikit uang bernama Meucci yang menyewa pengacara dengan uang pas-pasan. Inilah kesialan berikutnya bagi Meucci, idenya dicuri orang lain.


Dan pencurinya bernama Alexandre Grahamm Bell. Semuanya terkuak di akhir era 1990-an ketika perusahaan Bell dan Western Union akhirnya memiliki hubungan yang buruk. Kedua perusahaan besar ini pada akhirnya retak hubungan, dan fakta-fakta mencengangkan dari hubungan kedua perusahaan ini muncul ke publik. Salah satu yang paling mengagetkan adalah Perusahaan Telepon Bell akan memberikan 20% dari keuntungan paten penemuan telepon tersebut ke Western Union. Itu adalah perjanjian yang ditandatangani Alexandre Grahamm Bell demi mendapatkan materi telepon dari Western Union.


Namun, dari rentetan kesialan yang merundung Antonio Meucci, ia harus menyadari bahwa rusaknya hubungan antara dua perusahaan tersebut membuat dibuatnya tim untuk menyelidiki siapa sebenarnya penemu telepon. Hasil dari penyelidikan tersebut diumumkan dalam Kongres Amerika Serikat pada tanggal 11 Juni 2002, yang menyebutkan bahwa Antonio Meucci adalah penemu telepon.


Tapi, sepertinya kesialan Meucci belum selesai sampai di situ. Yah, sampai saat ini Anda masih bisa melihat buku pelajaran di seluruh dunia (termasuk Indonesia) bahwa Alexandre Grahamm Bell masih penemu telepon. Tak ada yang mengenal Antonio Meucci. 


Sedangkan Western Union sendiri, sebenarnya merupakan perusahaan telegraph ketika awal berdiri. Mereka merupakan perusahaan besar yang merupakan gabungan antara New York Telegraph Company dan New York and Mississipi Valley Printing Telegraph Company. Keduanya bergabung menjadi Western Union Telegraph Company ketika keduanya sama-sama dipimpin oleh Ezra Cornell. Begitu besarnya perusahaan Western Union ini, sampai mereka punya satelit sendiri di tahun 1974.


Berkat terbukanya konspirasi Western Union dan Grahamm Bell di tahun 2002, perusahaan ini akhirnya Western Union meninggalkan bisnis yang ia geluti sejak awal berdiri yakni telegraph (sekarang sudah Telegram). Dan Western Union hari ini dikenal sebagai perusahaan di bidang keuangan.


Selanjutnya bagaimana? Yah, dunia tetap memandang Grahamm Bell sebagai orang yang memperkenalkan telepon pada dunia. Sedangkan Meucci adalah orang yang menemukan telepon tersebut. Satu hal yang lebih menarik lagi adalah, Grahamm Bell yang menjual ratusan bahkan ribuan pesawat telepon ke seluruh dunia juga memiliki beberapa telepon, di antaranya di rumah, kantor, dan ruang kerjanya.


Tapi, tahukah Anda, Grahamm Bell tidak pernah menelepon atau ditelepon oleh dua orang yang paling ia cintai, yakni ibu kandungnya dan istrinya. Tahu kenapa? Yah, dua orang tersebut adalah tunarungu.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post