Fakta Unik Liga Europa: Semifinalis Tahun Ini Sama-Sama Pernah Juara Liga Europa!


PojokReview - Setelah pertandingan babak 8 besar Liga Europa berakhir di tanggal 12 Agustus 2020, maka 4 tim yang akan bertarung di semifinal sudah lengkap. Uniknya, semua tim yang lolos ke semifinal adalah tim yang pernah menjadi jawara liga tersebut.


Keempat tim tersebut adalah Intermilan yang menyingkirkan Bayer Leverkusen dengan skor 2-1. Disusul Manchester United yang mengalahkan Copenhagen dengan skor 1-0. Kedua pertandingan ini digelar tanggal 11 Agustus 2020.


Di hari kedua, Shaktar Donetsk berhasil meraih kemenangan besar atas Basel dengan skor 4-1. Sementara itu, tim yang tercatat sebagai peraih juara Liga Europa terbanyak hingga saat ini, Sevilla berhasil menyingkirkan wakil Inggris Wolves dengan skor tipis 1-0.


Pertandingan Wolves dengan Sevilla berlangsung sengit meski Sevilla menguasai pertandingan bahkan melepaskan hingga 18 tendangan dengan 5 di antaranya mengarah ke gawang. Namun, gawang Wolves baru robek pada menit ke-88 lewat gol Lucas Ocampos.


Situasi yang sama terjadi pada partai Shakhtar Donetsk melawan Basel, hanya saja Shaktar berhasil merobek jala Basel hingga 4 kali. Bahkan, gol Junior Moraes yang membuka keran gol Shaktar terjadi ketika waktu belum genap 3 menit. Lalu berturut-turut Taison, Alan Patrick (lewat titik putih), dan Domilson Corderio dos Santos mengoyak jala Basel. Gol balasan justru terjadi ketika wasit hampir meniup peluit di menit 90+2 lewat Ricky van Wolfswinkel.


Dengan demikian, partai semifinal yang akan digelar berbarengan dengan hari kemerdekaan Indonesia tersebut akan mempertemukan Inter Milan dengan Shaktar Donetsk serta Manchester United dengan Sevilla. Meski pertandingan tersebut belum dimulai, namun final impian Inter Milan vs Manchester United sepertinya akan menjadi kenyataan.


Sama-Sama Mantan Juara



Sekedar informasi, keempat tim ini sama-sama tim yang pernah memenangkan piala Liga Europa. Inter Milan tercatat telah 3 kali mengangkat trofi piala Europa (masih bernama UEFA Cup) di tahun 1977, 1990 dan 1993. Sedangkan Manchester United baru sekali menjadi jawara di kompetisi kasta kedua Eropa tersebut di tahun 2017 lalu.


Berbeda dengan Sevilla menjadi peraih jawara Liga Europa terbanyak hingga saat ini, dengan berhasil keluar sebagai juara di tahun 2006, 2007, 2014, 2015 dan 2016. Shaktar Dontestk juga berhasil menjadi jawara Liga Europa ini satu kali, yakni di tahun 2009 silam.


Inter Milan diprediksi akan mampu melewati hadangan Shaktar, sedangkan MU juga diprediksi mampu mengalahkan Sevilla. Meski demikian, Shaktar yang berhasil melumat Basel tentunya bukan lawan yang mudah bagi Inter Milan. Sedangkan Sevilla yang sudah jadi langganan juara kasta kedua Eropa ini juga tentunya bukan lawan yang mudah bagi Manchester United.

No comments:

Powered by Blogger.